Selasa, 27 Maret 2012

ASURANSI SYARIAH


ASURANSI SYARIAH
1.      Pengertian Asuransi Syariah
Asuransi dalam bahasa Arab disebut Atta’min yang berasal dari kata amanah yang berarti memberikan perlindungan, ketenangan, rasa aman serta bebas dari rasa takut. Istilah menta’minkan sesuatu berarti seseorang memberikan uang cicilan agar ia atau orang yang ditunjuk menjadi ahli warisnya mendapatkan ganti rugi atas hartanya yang hilang. Sedangkan pihak yang menjadi penanggung asuransi disebut mu’amin dan pihak yang menjadi tertanggung disebut mu’amman lahu atau musta’min.
Menurut Fatwa Dewan Asuransi Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) Fatwa DSN No.21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah bagian pertama menyebutkan pengertian Asuransi Syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang atau pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan atau tabarru yang memberikan pola pengembalian untuk mengehadapi resiko tertentu melalui akad atau perikatan yang sesuai dengan syariah.
Definisi Asuransi menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1992 tentang usaha perasuransian Bab 1, Pasal 1: “Asuransi atau Pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan menerima  premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu  peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran  yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan”.
2.      Dasar Hukum
Dari segi hukum positif, hingga saat ini asuransi syariah masih mendasarkan legalitasnya pada Undang-undang No. 2 tahun 1992 tentang perasuransian. Dalam Kitab Undang-undang Hukum Dagang Pasal 246, yaitu: ”Asuransi adalah suatu perjanjian dimana seseorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tentu.”
Pengertian diatas tidak dapat dijadikan landasan hukum yang kuat bagi Asuransi Syariah karena tidak mengatur keberadaan asuransi berdasarkan prinsip syariah, serta tidak mengatur teknis pelaksanaan kegiatan asuransi dalam kaitannya kegiatan administrasinya. Pedoman untuk menjalankan usaha asuransi syariah terdapat dalam Fatwa Dewan Asuransi Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No.21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah, fatwa tersebut dikeluarkan karena regulasi yang ada, tidak dapat dijadikan pedoman untuk menjalankan kegiatan Asuransi Syariah.
Tetapi fatwa DSN-MUI tersebut tidak memiliki kekuatan hukum dalam Hukum Nasional karena tidak termasuk dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia. Agar ketentuan Asuransi Syariah memiliki kekuatan hukum, maka perlu dibentuk peraturan yang termasuk peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia meskipun dirasa belum memberi kepastian hukum yang lebih kuat, peraturan tersebut yaitu Keputusan Menteri Keuangan RI No.426/KMK.06/2003, Keputusan Menteri Keuangan RI No. 424/KMK.06/2003 dan Keputusan Direktorat Jendral Lembaga Keuangan No. 4499/LK/2000. Semua keputusan tersebut menyebutkan mengenai peraturan sistem asuransi berbasis Syariah.
3.      Tujuan Berdirinya Asuransi Syariah
  • Memberikan jaminan perlindungan dari risiko-risiko kerugian yang diderita satu pihak.
  • Meningkatkan efisiensi, karena tidak perlu secara khusus mengadakan pengamanan dan pengawasan untuk memberikan perlindungan yang memakan banyak tenaga, waktu dan biaya.
  • Pemerataan biaya, yaitu cukup hanya dengan mengeluarkan biaya yang jumlahnya tertentu dan tidak perlu mengganti/membayar sendiri kerugian yang timbul yang jumlahnya tidak tentu dan tidak pasti. 
  • Dasar bagi pihak bank untuk memberikan kredit karena bank memerlukan jaminan perlindungan atas agunan yang diberikan oleh peminjam uang.
  • Sebagai tabungan, karena jumlah yang dibayar kepada pihak asuransi akan dikembalikan dalam jumlah yang lebih besar. Hal ini khusus berlaku untuk asuransi jiwa. 
  • Menutup Loss of Earning Power seseorang atau badan usaha pada saat ia tidak dapat berfungsi (bekerja).
  • Memberikan solusi dan pelayanan terbaik dalam perencanaan keuangan dan pengelolah risiko bagi umat, dengan menawarkan jasa takaful dan keuangan syari’ah yang di kelolah secara profesional, adil, tulus , amanah.
  • Menjadi group asuransi terkemuka yang menawarkan jasa takaful dan keuangan syari’ah yang komprehenship dengan jangkauan signifikan di seluruh Indonesia.
4.       Peraturan Hukum Terkait dengan Asuransi
  • UU no. 2 Tahun 1992 Tentang ASURANSI.
 Yang terdiri dari 12 Bab dan 26 Pasal meliputi:
1)      Bab I
            Berisi tentang ketentuan umum yang terdiri dari satu pasal.
2)      Bab II
Berisi tentang usaha perasuransian yang ada pada pasal 2.
3)      Bab III  
Berisi tentang Jenis usaha perasuransian ada apada pasal 3.   
4)      Bab IV   
Berisis tentang Ruang lingkup usaha perasuaransian yang terdiri dari dua pasal yaitu 4 &5.
5)      Bab V  
Berisi tentang penutupan objek asuransi yang ada pada paal 6.   
6)      Bab VI    
Berisi tentang bentuk usaha perasuransian ada pada pasal 7.
7)      Bab VII 
Berisi tentang kepemilikan perusahaan perasuransian yang ada pada pasal 8.
8)      Bab VIII
Berisi tentang perizinan usaha yang ada pada pasal 9.
9)      Bab IX   
Berisis tentang pembinaan dan pengawasan yang ada pada pasal 10-19.
10)  Bab X
Berisi tentang kepailitan dan likuidasi yang ada pada pasal 20.   
11)  Bab XI  
Bersisi tentang ketentuan pidana yang ada pada pasal 21- 24.
12)  Bab XII
Berisi tentang peraturan peralihan yang terdapat pada pasal 25-26.

  • PP No. 63 tahun 1999
Berisi tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 73 tahun 1992 tentang penyelenggaraan perasuransian.
  • Fatwa DSN-MUI No.21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syari’ah.
  • Fatwa No. 51/DSN-MUI/III/2006 tentang akad Mudharabah, Musyarakah pada Asuransi Syari’ah.
Menetapkan tentang fatwa akad mudhorobah musytarakah pada asuransi syariah,  Meliputi:
a.       Pertama : Ketentuan Umum.
b.      Kedua : Ketentuan Hukum.
c.       Ketiga : Akad.
d.      Keempat : Kedudukan Para Pihak Pada Akad Mudhorobah Musytarokah.
e.       Kelima : Investasi.
f.       Keenam: Ketentuan Penutup.
  • Fatwa No. 52/DSN-MUI/III/2006 tentang Akad Wakalah bil Ujrah pada Asuransi Syari’ah.
Menetapkan akad wakalah bil ujroh pada asuransi syariah dan reasuransi syariah,  yang meliiputi:
a.       Pertama : Ketentuan Umum.
b.      Kedua : Ketentuan Hukum.
c.       Ketiga : Akad.
d.      Keempat : kedudukan dan ketentuan para pihak dalam akad wakalah bil ujroh.
e.       Kelima : Investasi.
f.        Keenam: Ketentuan Penutup.

  • Fatwa No. 53/DSN-MUI/III/2006 tentang Akad Tabarru’ pada Asuransi Syari’ah.
  • Keptusan MKRI No. 426/KMK.06/2003 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.
  • Keputusan MKRI No. 424/KMK.06/2003 tentang Kesehatan, Keuangan, Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

Senin, 12 Maret 2012

ekonomi mikro

PEREKONOMIAN TERBUKA (EMPAT SEKTOR)

Pada perekonomian dua sektor dan perekonomian tiga sektor telah diketahui bagaimana tingkat kegiatan ekonomi suatu negara ditentukan. Pada pembahasan ini ada 2 kegiatan pengeluaran yang tidak terdapat pada perekonomian dua sektor dan tiga sektor yaitu ekspor dan impor. Dua kegiatan ini juga memiliki pengaruh terhadap pengeluaran agregat, pendapatan nasional dan tingkat kegiatan suatu perekonomian. Analisis kedua hal itulah yang telah sepenuhnya menggambarkan kegiatan ekonomi dalam suatu negara yang berwujud dalam realitas. Kedua hal itu merupakan unsur dari sektor luar negeri. Analisis penentuan pendapatan nasional dalam perekonomian tersebut dinamakan sebagai keseimbangan pendapatan nasional dalam empat sektor atau perekonomian terbuka.

Konsumsi terbuka meliputi lima jenis pengeluaran agregat, yaitu sebagai berikut:
1.  Konsumsi rumah tangga(CDN) terhadap barang produksi dalam negeri.
2.  Investasi perusahaan (I) untuk menambah kapasitas sektor perusahaan dalam berproduksi.
3.  Pengeluaran pemerintah terhadap barang-barang dan jasa produksi dalam negeri (G).
4.  Ekspor, yaitu pembelian barang produksi dalam negeri oleh negara lain (X).
5.  Impor, yaitu pembelian barang produksi negara lain untuk konsumsi dalam negeri (M).

Syarat Keseimbangan Perekonomian Terbuka
Keseimbangan pendapatan nasional akan dicapai pada keadaan:
a.    Penawaran agregat sama dengan pengeluaran agregat.
b.    Suntikan sama dengan bocoran.

Penawaran dan peneluaran agregat dalam perekonomian terbuka
Dalam perekonomian terbuka, barang dan jasa yang diperjual belikan di dalam negeri terdiri dari dua golongan barang:
1.     Produksi dalam negeri dan meliputi pendapatan nasioanal (Y)
2.     Impor dari luar negeri. Dengan demikian, AS=Y+M.
Aliran pendapatan dalam perekonomian terbuka menunjukkan pengeluaran agregat keatas pendapatan nasional,meliputi 4 komponen yaitu: konsumsi RT (CDN) investasi perusahaan (I), pengeluaran pmerintah (G) dan ekspor (X). Maka pengeluaran agregat keatas produksi dalam negri (AEDN) adalah:
AEDN=CDN +I+G+X

Dalam perekonomian terbuka perbelanjaan agrregat (AE) meliputi perbelanjaan agregat keatas dalam negri dan pengeluaran impor, maka:
AE=AEDN+M atau AE=Cdn+I+G+X+M

Konsumsi RT terdiri dari pengeluaran keatas produksi dalam negeri (Cdn) dan pengeluaran keatas barang impor (M). Maka keseluruhan konsumsi RT (C) adalah:
C=Cdn+M

Dengan menggantikan Cdn + M menjadi C, persamaan perbelanjaan agregat dapat dinyatakan dengan persamaan:
AE= C +I + G + X
Perekonomian akan mencapai keseimbangan , apabila penawaran agrergat sama dengan pengeluarn agregat. Dalam perekonomian terbuka keadaan kesimbangan tersebut adalah:
Y + M = C + I + G + X

Dari persamaan diatas dapat disimpulakan bahwa dalam perekonomian terbuka, keseimbangan pendapatan nasional dapat dicapai apabila:
Y= C + I + G + (X-M)

Keseimbangan menurut pendekatan penawaran agregat permintaan agregat. Dalam pendekatan suntikan=bocoran, keseimbangan pendapatan nasional akan dicapai apabila :
 S+ T + M = I + G + X

Syarat  keseimbangan ini dibuktikan dalam uraian berikut. Aliran pendapatan yang diwujudkan dari kegiatan memproduksi pendapatan nasional akan digunakan sebagai berikut:
1.    Membiayai pengeluaran konsumsi keatas barag buatan dalam negeri (Cdn) dan barang impor (M). Maka keseluruhan pengeluaran konsumsi adalah : C = Cdn + M
2.    Membayar pajak (T), yaitu pajak keuntungan perusahaan dan pajak pendapatan RT.
3.    Meyisihkan pendapatan untuk ditabung (S) di lembaga keuangan.

Ditinjau dari segi pendapatan, pendapatan nasional dapat dihitung dengan formula berikut:
Y = Cdn + M + S + T
Oleh karena C= Cdn + M , maka Y= C + S + T

Menurut pendekatan penawaran agregat-permintaan agregat keseimbangan dicapai pada keadaan dimana:
Y = C + I + G + (X-M)

Apabila Y digantikan : C + S + T, persamaan keseimbangan di atas dapat diganti menadi:
C + I + G (X-M) = C + S + T

Apabila masing-masing ruas dikurangi dengan C dan M dpindahkan ke ruas kanan, maka persamaan di atas dapat disederhnakan menjadi:
I + G + X = S + T + M

Terbukti dari uraian di atas bahwa syarat keseimbangan lain dalam perekonomian 4 sektor adalah:
I + G + X = S + T + M






Penentu Ekspor
Ekspor yang dilakukan suatu negara bergantung kepada faktor. Suatu negara dapat mengekspor barang-barang yang dihasilkannya kenegara-negara lain apabila barang-barang tersebut diperlukn negara-negara lain dan mereka tidak dapat menghasilkan sendiri barang-barang tersebut. Faktor yang lebih penting adalah keamampuan dari negara tersebut memproduksikan barang-barang yang dapat bersaing di pasaran luar negeri. Maksudnya mutu dan harga barang yang diekspor tersebut haruslah paling sedikit sama baiknya dengan yan dipejual belikan dalam pasaran luar negeri.

Penentu Impor
Besarnya impor yang dilakukan suatu negara-negara lain di tentukan oleh sampai di mana kesanggupan barang-barang yang diproduksi di negara-negara lain untuk bersaing dengan barang yang dihasilkan di negera lain.

Multiplier Dalam Perekonomian Terbuka
Nilai multiplier dalam perekonomian terbuka akan menadi kecil tersebut disebabkan dari multiplier 3 sektor. Multiplier yang semakin kecil tersebut disebabkan bahwa impor adalah proporsional nilainya dengan pendapatan nasional, sedangkan ekspor adalah bersifat pengeluaran otonom.

Tahap Multiplier
Prtambahan pendapatan nasional (∆Y)
Pertambahan Pajak (∆T)
Pertambahan Pendapatan Disposible     (∆Yd)
Pertambahan Konsumsi    
(∆Cdn)              (∆M)
Pertambahan Taungan (∆S)
I
II
III mu
Dst.
∆Y1=∆X=200
∆Y2=∆Cdn=100
∆Y3=∆Cdn=50
....................
40
20
10
.................
160
80
40
..................
100                    20
50                      10
25                        5
......                   ......    
40
20
10
................
Jumlah Total
∆Y=400
∆T=80
∆Yd=320
∆Cdn=200        ∆M=40
∆S=80

Contoh di atas menunjukkan multiplier dalam perekonomian terbuka adalah:
1
1-MPCdn

Multiple =

Dimana MPCdn  adalah kecondongan menggunakan marginal pendapatan nasional untuk perekonomian 4 sektor dan dapat dihitung dengan formula:
∆Cdn
∆Y

MPCdn = 


Dalam contoh menunjukkan multiplier =2, berarti kenaikan ekspor sebanyak Rp 200 milyar akan menambah pendapatan nasional sebanak Rp 400 milyar.

Perhitungan Secara Aljabar
Untuk menerangkan perhitungan multiplier secara aljabar digunakan permisalan sebagai berikut:
1.    Fungsi konsumsi C= a + b Yd
2.    Pajak proporsional T= tY
3.    Investasi perusahaan I= Io
4.    Pengluaran pemerintah G= Go
5.    Ekspor X= Xo
6.    Impor M= m Y

Berdasarkan kepada permisalan diatas, pendapatan nasional dapat ditentukan dengan menyelesaikan persamaan:
Y = C + I + G + (X-M)
Y = a + bYd + Io + Go + Xo – mY
Y = a + b (Y-tY) + Io + Go + Xo – mY
Y – bY + (1-t) Y + mY = a + Io + Go + Xo
Y [ 1-b (1 – t) + m ] = a + Io + Go + Xo
1
(a + Io + Go + Xo)
1-b (1-t) + m

Y =

Seterusnya misalkan ekspor meningkat sebanyak ∆X, maka pendapatan nasional yang baru adalah :
1
(a + Io + Go + Xo + ∆Xo )
1-b (1-t) + m

Y1 = 


Dengan perhitungan tersebut dapat ditentukan efek pertambahan ekspor kepada pendapatan nasional, yaitu:

1
(∆X)
1-b (1-t) + m
Y1          = 
1
(∆X)
1-b (1-t) + m

∆Y = Y1 – Y =




Multiplier adalah nisbah pertambahan pendapatan nasional dengan pertambahan pengeluarn agregat. Dengan demikian multiplier dalam perekonomian terbuka bagi  sistem pajak proporsional adalah:
∆Y
∆X
1
1-b (1-t) + m
=
 

Mtp =  
∆Y
∆X
1
1- b + bt + m
=
 

Mtp =

Dimana :   b = kecondongan mengkonsumsi marginal
  t = tingkat (%) pajak
m = tingkat (%) impor
contoh:
b = 0,75
t = 0,20
m = 0.10
dengan demikian nilai multiplier adalah:
1
1-0,75 + 0,75(0,2) + 0,1

Mtp =
1
1-0,75+0,15+0,1

=  

1
0,5
=

=          2,0